3D Touch dan Force Touch dihadirkan oleh Apple melalui produk terbarunya yang dirilis iPhone 6S dan iPhone 6S plus yang sensitif terhadap tekanan.Apple menanamkan teknologi terbaru untuk produk yang baru diluncurkan yaitu iPhone 6S dan 6s Plus. Teknologi terbaru tersebut ialah 3D Touch dan Force Touch. Apple menjelaskan bahwa teknologi terbaru yang ditanamkan memiliki sebuah kompetensi sensitif terhadap tekanan yang bisa merespon navigasi sesuai dengan jenis tekanan melalui sentuhan penggunanya.3D-Touch-dan-Force-Touch

Keunggulan Teknologi 3D Touch dan Force Touch

Jika ada yang mengatakan bahwa teknologi 3D Touch dan Force Touch merupakan persamaan untuk teknologi yang digunakan Apple pada produk Apple Watch, maka jawabannya tidak jelas. Karena teknologi 3D touch merupakan pengembangan dari teknologi force touch yang merupakan teknologi dengan kemampuan yang lebih optimal.

Teknologi yang digunakan Apple pada kedua produk yang berbeda yaitu iPhone dan Apple watch pada dasarnya memiliki kesamaan tetapi teknologi iPhone 6S dan 6S Plus memiliki tambahan optimalisasi dan kekuatan yang merupakan pengembangan dari penggunaan teknologi pada Apple watch. Dikatakan bahwa Force Touch memiliki kualitas sentuhan dan tekanan yang lebih lambah maka 3D touch memiliki sensitifitas yang lebih baik serta mampu memberikan respon yang lebih cepat dibandingkan dengan Force Touch. Jika digunakan maka akan terasa perbedaannya terlebih ketika menggunakan hand writting mode.

Penggunaan Force touch atau pun 3D touch dalam aplikasi yang sederhana tidak akan tampak perbedaannya karena keduanya akan merespon dengan baik semua perintah yang diberikan oleh sentuhan atau tekanan yang terjadi pada layar. Tetapi ketika sedang melakukan sebuah pekerjaan yang lebih berat seperti melakukan penulisan kasar dan desain, maka kemampuan 3D touch akan terlihat lebih baik dibandingkan dengan Force touch dari segi hasil yang diberikan dan kesesuaian dengan perintah yang diinginkan.

3D Touch dan Force Touch dapat disimpulkan merupakan teknologi yang sama yaitu menggunakan tapcit engine sensor yang dimiliki oleh Apple. Tetapi dari segi kemampuan keduanya memiliki respon yang berbeda dimana 3D memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan dengan kemampuan yang dimiliki oleh Force Touch. Baik 3D touch maupun Force touch keduanya ada pada iPhone 6S dan 6S Plus dan bisa dinikmati dengan memuaskan.

3D Touch dan Force Touch dari iPhone 6S dan 6S Plus
Rate this post