Usaha jasa sewa bus pariwisata merupakan sebuah peluang usaha yang prospeknya sangat bagus untuk dikembangkan. Apalagi mengingat jika dunia wisata Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Makin hari makin bertambah masyarakat yang suka melakukan kegiatan wisata baik bersama keluarganya sendiri dan teman-temannya.

Dalam kegiatannya tersebut, tentu mereka butuh sarana transportasi berupa bus dengan tujuan untuk menghadirkan suasana lebih nyaman dan aman. Terlebih lagi untuk rombongan wisata dari pelajar sekolah yang sedang mengisi masa liburannya.

Kondisi inilah yang menjadikan bisnis sewa bus untuk pariwisata makin menunjukan prospek yang sangat cerah. Meski butuh modal yang lumayan besar dan proses yang agak rumit, tapi jika dikelola dengan baik peluang usaha ini akan mendatangkan keuntungan yang juga sangat besar.

Prospek Usaha Bus Pariwisata

Saat ini memang makin banyak jenis alat transportasi yang bisa dipilih oleh masyarakat yang ingin menyelenggarakan kegiatan liburan wisata. Mulai dari kereta api, kapal laut, hingga dan pesawat terbang, semua tersedia dengan lengkap.

Meski demikian keberadaan bus pariwisata tetap dibutuhkan oleh para pelancong. Misalnya kereta api, tidak mungkin mampu menjangkau obyek-obyek wisata yang tersebar di berbagai wilayah dan daerah. Apalagi bagi pesawat terbang dan kapal laut yang area operasinya sangat terbatas.

Karena itu bisnis jasa sewa bus untuk kegiatan pariwisata sangat layak dikembangkan. Sebab angkutan atau jasa transportasi darat ini tetap selalu jadi kebutuhan paling utama yang harus dipenuhi oleh wisatawan. Mereka tidak akan bisa menikmati perjalanannya tanpa ada armada bus untuk menempuh perjalanan dari satu obyek wisata ke obyek wisata yang lain.

Faktor lainnya yang membuat bisnis jasa sewa bus pariwisata makin menarik untuk ditekuni adalah perubahan pola pikir di masyarakat. Saat ini makin banyak yang beranggapan apabila kegiatan wisata itu merupakan sebuah kebutuhan utama, bukan kebutuhan sekunder lagi.

Karena dengan berwisata, pikiran akan menjadi segar kembali. Sehingga produktivitas dalam bekerja bisa ditingkatkan. Sedangkan untuk pelajar yang masih sekolah, berwisata dipandang sebagai sebuah kegiatan yang sangat positif sebab dapat dijadikan alat untuk menambah ilmu pengetahuan.

Masalah Pemasaran

Tidak berbeda jauh dengan bidang usaha lainnya, urusan pemasaran memang selalu menjadi problem utama bagi pelaku bisnisnya. Namun untuk usaha jasa persewaan bus pariwisata, hal ini sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah.

Banyak sekali pihak yang bisa dijadikan sebagai partner kerja maupun mitra usaha. Misalnya agen penyelenggara paket wisata, pengelola hotel dan pelaku bisnis transportasi lain terutama transportasi darat. Mereka inilah yang dapat diajak menjadi ujung tombak pemasaran bidang usaha tersebut.

Selain itu dapat pula berkomunikasi langsung dengan lembaga lain misalnya sekolah, instansi pemerintah atau swasta dan perkumpulan atau komunitas masyarakat lainnya. Seperti ibu-ibu PKK, dharma wanita, komunitas pengajian, dan sebagainya.

Mereka dapat dijadikan obyek pemasaran dengan potensi yang sangat besar. Apalagi jika bisa menawarkan paket wisata yang lebih tersegmentasi. Contohnya bagi perkumpulan komunitas pengajian dapat diberi penawaran berupa kegiatan wisata rohani dengan obyek-obyek wisata seperti kunjungan ke makam para wali dan seterusnya.

Kemudian bagi tamu sedang yang menginap di hotel bisa diajak melakukan kegiatan city tour dengan tujuan museum, galeri seni, pasar tradisional, sentra kerajinan tangan, wisata kuliner dan sebagainya. Mereka pasti sangat antutias diajak melakukan kegiatan wisata seperti itu.

Melihat kondisi perekonomian Indonesia yang makin membaik, tidak ada salahnya memilih usaha jasa sewa bus pariwisata sebagai ladang bisnis utama. Karena hampir dapat dipastikan akan semakin banyak orang yang senang berwisata ke berbagai daerah di tanah air.