menyusun-paket-wisata-bandung-pagi-hariBelum tersedianya Rumah Makan atau Restoran yang menjadi tempat persinggahan atau transit menjadi salah satu kendala dalam menyusun paket wisata Bandung. Kota Bandung yang syarat dengan kota pariwisata masih mempunyai satu kekurangan. Saya berani katakan demikian karena sebagai agen paket wisata Bandung terkadang tidak bisa memenuhi apa yang customer inginkan khususnya dalam hal tempat untuk transit di pagi hari, seperti mandi mandi, atau sarapan pagi sebelum melakukan tour wisata di Bandung. Hal ini sering terjadi bagi yang datang melakukan perjalanan dengan kereta api, khususnya kereta dari Jawa Tengah atau Jawa Timur karena rata rata kedatangan kereta di Bandung sebelum pukul 06:00 pagi. Bagi yang melakukan perjalanan ke Bandung dengan menggunakan kereta api mereka ingin sampai di Bandung bisa singgah dulu di restoran yang sekaligus ada fasilitas kamar mandi yang layak, sehingga mereka bisa mandi lalu makan pagi dan melakukan tour. Kalau untuk sekedar sarapan pagi dengan jumlah peserta yang sedikit itu tidak menjadi masalah, masih banyak alternatif kuliner untuk sarapan pagi. Namun jika peserta rombongan dalam jumlah banyak, sangat kesulitan untuk mencari sarapan pagi, apalagi untuk persinggahan.

Mari sekilas kita tengok Jogjakarta, di Jogjakarta banyak terdapat rumah makan atau restoran yang menyediakan Kamar mandi yang cukup banyak dan sangat layak serta mushola dan area parkir yang luas serta buka 24 jam, jadi bagi yang datang jam berapapun meski dalam jumlah banyak sekalipun tidak ada masalah. Bukan maksud saya membanding bandingkan tetapi hal ini juga harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah kota Bandung dan para investor untuk menyediakan Rumah Makan atau Restoran yang lengkap dengan fasilitas kamar mandi yang layak dan mampu menampung untuk jumlah banyak dengan lokasi di tengah kota Bandung.
Bagi yang melakukan perjalanan ke kota Bandung dengan menggunakan bus pariwisata, mungkin hal ini tidak terlalu bermasalah karena di wilayah kabupaten Bandung rumah makan yang menyediakan fasilitas kamar mandi sudah ada,seperti Suka Hati, Grafika, namun lokasi mereka jauh dari pusat kota Bandung.

Demikian sedikit penyampaian dari saya mengenai salah satu kendala dalam menyusun paket wisata Bandung dan jika ada yang ingin menanggapi dan berkomentar di persilahkan.Mari kita ciptakan Kota Bandung ini sebagai kota Pariwisata yang benar benar siap menfasilitasi para wisatawan dalam segala hal.