Wisata-di-dusaun-bambu-bandungUsaha Tour Pariwisata bagi pemula. Anda belum bekerja dan sedang bingung mencari pekerjaan? Mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan itu memang susah susah gampang apalagi jaman sekarang ini yang katanya perekonomian tidak stabil. Alangkah baiknya jika kita tidak mencari pekerjaan tetapi justru mampu meciptakan lapangan kerja, tentu akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi kita. Apalagi jika pekerjaan ini sesuai dengan hobby kita, tentu kita akan sangat menikmati pekerjaan itu. Nah, kali ini saya akan sedikit bercerita atau berbagi pengalaman tentang cara memulai bisnis membuka usaha di bidang pariwisata tour dan travel.

Mengingat lokasi saya di Bandung dan saya menekuni usaha ini di Bandung juga, maka yang saya sharingkan tentunya seputar Bandung pula, dan bagi Anda yang di kota lain, pada prinsipnya caranya sama saja. Sebenarnya saya pribadi belum bisa dibilang sukses dan masih terus belajar namun paling tidak pengalaman saya ini bisa dijadikan sedikit contoh bagi teman teman yang mau berusaha di bidang pariwisata khususnya di Bandung. Selama kurang lebih 3 tahun hidup di Bandung dan bekerja sebagai karyawan sebuah restoran, saya belum pernah yang namanya wisata atau liburan mengunjungi objek objek wisata di Bandung. Objek wisata apa saja yang ada di Bandung saya tidak pernah tau, yang saya tau paling hanya sekedar Mall, pasar, bioskop. Itu saja. Setelah kurang lebih 3 tahun bekerja saya memutuskan untuk keluar dari rumah makan tersebut dan membuka usaha kuliner sendiri. Singkat cerita, usaha kuliner ini gagal. Usaha bangkrut uang habis dan otomatis tidak mempunyai pekerjaan. Namanya hidup di kota tidak punya penghasilan, pastinya mau makan saja susah. Bingung tidak tau mesti berbuat apa dan mengadu kepada siapa. Lalu saya datang ke rumah teman yang punya usaha rental mobil di Bandung, saya masuk di sana dan ikut bekerja menjadi sopir rental. Nah dari situlah saya mulai tau objek objek wisata yang ada di Bandung itu apa saja, karena tamu tamu yang menyewa mobil ini rata rata untuk keperluan wisata. Kurang lebih 2 bulan berprofesi menjadi sopir rental mobil Bandung. Dan dari pengalaman itu akhirnya saya memahami semua objek objek wisata yang ada di Bandung, mulai dari lokasinya dimana, tiket masuknya berapa, suasananya seperti apa, sedikit banyak saya menguasai akan hal itu. Dari situlah saya mulai berpikir untuk membuka usaha sendiri di bidang tour Bandung, membuat paket paket wisata Bandung, yang nantinya bisa ditawarkan pada calon calon wisatawan yang akan berkunjung ke Bandung. Singkat cerita, akhirnya saya mewujudkan keinginan saya tersebut dan membuka usaha tour travel dan saya beri nama Dago Holiday.

Dari cerita saya di atas, saya menyimpulkan, jika Anda ingin membuka usaha di bidang Pariwisata 1 hal pokok yang harus diutamakan adalah Anda harus menguasai medan artinya Anda harus menguasai objek objek wisata yang nantikan akan Anda tawarkan kepada customer Anda. Mampu menguasai dalam hal ini Anda diwajibkan harus tau lokasi, biaya tiket masuknya, estimasi waktu perjalanan, biaya transportasinya dan lain lain. Dengan begitu secara otomatis Anda bisa membuat estimasi biayanya yang semuanya ini akan terangkum dalam sebuah Paket Wisata.
Demikian cerita singkat saya tentang awal mula saya membuka usaha di bidang tour dan travel di Bandung.

Selanjutnya silahkan di baca coretan saya yang diberi judul:

Beberapa Aspek Pendukung Terbentuknya Paket Wisata Bandung
Paket Wisata Merupakan Salah Satu Usaha Tanpa Modal di Bidang Pariwisata